Sabtu, 24 April 2010

Dua Novel Baru Andrea Hirata, "Padang Bulan" dan "Cinta Dalam Gelas"

Anda penggemar novel, khususnya karya-karya Andrea Hirata?
Ya, tentunya Anda masih ingat dengan Tetralogi Laskar Pelangi: Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Semua karya Andrea Hirata memang sangat monumental. Dia mengemas cerita masa lalunya dengan racikan bahasa yang sangat indah. Bukan hanya tentang sastra, akan tetapi juga bumbu-bumbu ilmu pengetahuan dan budaya Belitong.

Pada bulan Februari lalu, Andrea Hirata menyampaikan bahwa "Insya Allah Maret 2010 saya akan menerbitkan dua novel sekaligus untuk menutup seluruh kisah Laskar Pelangi." (Kompas, 12/02/10)

Saya sendiri sangat menunggu diluncurkannya Dua Novel terbaru Andrea Hirata itu. Bulan Maret lalu saya mencari informasi di internet, akan tetapi belum ada titik terang mengenai hal itu. Fiuh..... "kira-kira jadi gak ya?", batinku.

Alhamdulillah, pada tanggal 25 April ini saya sudah mendapatkan berita tentang dua novel terbarunya, yaitu "Padang Bulan" dan "Cinta di dalam Gelas".

Dua novel itu sudah masuk di percetakan Bentang, dan rencananya akan diluncurkan pada pertengahan Bulan Juni mendatang. Novel 'Padang Bulan' mengisahkan tentang percintaan dan novel 'Cinta di dalam Gelas' lebih banyak bercerita tentang Maryamah yang kesal terhadap suaminya dengan bentuk perlawanan berupa main catur. (Republika, 22/04/10)


Meskipun novel itu dirampungkan hanya dalam waktu dua minggu, Andrea Hirata menghabiskan waktu dua tahun untuk melakukan riset terhadap karya terbarunya itu. Hal ini sangat menarik dan menjadi ciri khas Andrea Hirata yang memang menggilai riset, "...saya punya kebiasaan yang mungkin tak bagus untuk ditiru, yaitu saya selalu menulis novel hanya dalam hitungan minggu. Namun, saya selalu menghabiskan lebih banyak waktu untuk riset.", tutur pria bernama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun (Saya Hanyalah Penulis Kemarin Sore, Kompas 12/02/10).


Semoga Novel terbarunya ini tak kalah menarik dengan novel-novel sebelumnya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar